Setelah Beroperasi 12 Tahun, Nintendo Wii Shop Channel Tutup | Berita Game Nintendo | Khusus Pecinta Nintendo Terkini

Setelah Beroperasi 12 Tahun, Nintendo Wii Shop Channel Tutup

Sejak diluncurkan pertama kali diluncurkan pada Desember 2006, Wii Shop Channel telah menyediakan berbagai macam produk mulai dari Virtual Console, game WiiWare maupun berbagai konten tambahan. Seperti yang diumumkan oleh Nintendo, Wii Shop Channel tutup pada tanggal 30 Januari 2019.

Wii Shop Channel tidak menyediakan game digital Nintendo Wii, namun berbagai game dari konsol-konsol lama dapat diperoleh melalui Virtual Console. Tak hanya itu, pemain dapat menggunakan berbagai layanan seperti video streaming dan sebuah kontes Mii Channel (sistem avatar creation pada Nintendo Wii).

Untuk mengunduh game atau menggunakan layanan tertentu memerlukan Wii Points. Wii Points dapat diperoleh dengan me-redeem Nintendo Points Card ataupun membeli langsung dari Wii Shop Channel.

Nintendo telah mengumumkan tentang berakhirnya layanan Wii Shop Channel sejak September 2017 lalu. Sejak tanggal 26 Maret 2018, pengguna tidak bisa lagi membeli Wii Points. Game maupun aplikasi yang tersedia di Wii Shop masih dapat diunduh asalkan jumlah Wii Points yang tersisa cukup.

Meskipun awalnya menjadi online store untuk Nintendo Wii, munculnya Nintendo eShop yang bersamaan dengan WiiU dan 3DS tak mengurangi popularitas Wii Shop Channel. Popularitas Wii Shop Channel tak dapat dipisahkan dengan Nintendo Wii yang memiliki banyak pengguna setia.

Fitur andalan Wii Shop Channel yang bahkan hingga kini tak dapat disaingi oleh Nintendo eShop adalah fitur Virtual ConsoleVirtual Console menghadirkan koleksi game dari berbagai konsol lama. Jumlah koleksi game klasik pada Virtual Console jauh melampaui Nintendo eShop.

Virtual Console menghadirkan game dari konsol lama Nintendo seperti NES, SNES dan Nintendo 64 maupun konsol-konsol lain seperti Sega Mega Drive dan SNK Neo-Geo. Untuk memainkan game pada konsol tertentu, pengguna harus membayar beberapa Wii Points. Lalu pemain harus membayar lagi untuk mengunduh tiap game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *